Selasa, 05 Mei 2020

Kabah Bersih Tanpa Jemaah Jadi Trending Topic

publicanews - berita politik & hukumMedia sosial Twitter ramai membahas sterillisasi Kabah. Bahkan, tagar #kabah memuncaki trending sepanjang Jumat (6/3) ini.

Foto dan video proses pembersihan rumah Allah (baitullah) itu banyak diunggah warganet. Suasana lengang tampak di sekitar Kabah, sedangkan jamaah melakukan tawaf di lantai atas.

"Petugas sedang melakukan sterilasi lantai dan kiswah Kabah," pemilik akun @gungpasuruan mencuit. Ia menyertakan beberapa foto suasana di kiblat umat Islam itu.

Dalam sebuah video yang diunggah, sekitar Kabah yang biasa dikelilingi jemaah umrah itu sepi dari aktivitas apapun. Tampak bangunan Kabah tegak berdiri, sedangkan lantai putih terlihat bersih tanpa lalu lalang jemaah.

Laman @Saudi_Gazette menyiarkan secara langsung proses sterilisasi itu. "Daerah sekitar Kabah Suci di Masjid Suci di #Makkah dikosongkan untuk sementara waktu untuk membersihkan dan mensterilkannya, karena ketakutan #Coronavirus dan untuk memastikan keselamatan para peziarah," tulisannya.

Kepala Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Sheikh Abd al-Rahman as-Sudais mengatakan, sterillisasi Kabah dilakukan untuk meningkatkan keamanan para jemaah.

Menyebarnya virus Corona membuat Pemerintah Arab saudi menangguhkan izin visa jemaah umrah sejak 27 Februari 2020.

Warga dan penduduk yang bermukim di Arab Saudi juga dilarang mengunjungi Masjid Nabawi pada Rabu (4/3), sejak ditemukannya kasus pertama infeksi Corona di Saudi.

Pada hari itu, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ditutup satu jam setelah shalat Isya dan dibuka satu jam sebelum salat subuh.

Arab Saudi telah mengumumkan kasus Virus Corona COVID-19 yang menginfeksi warga negaranya. Total sudah ada 2 pasien yang dinyatakan positif terjangkit Virus Corona.
Previous Post
Next Post

0 komentar: