President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin pun mengatakan bahwa penerbangan nasional merespons pandemi dengan melakukan adaptasi agar operasional penerbangan tetap terjaga.
Penumpang pesawat misalnya, melakukan adaptasi kebiasaan baru untuk menuju new normal dengan mengubah perilaku yang lebih mengedepankan aspek kesehatan dan kebersihan.
"Pemandangan penumpang pesawat yang berhenti di depan mesin otomatis hand sanitizer untuk kemudian membersihkan tangan adalah hal yang biasa. Mereka kini lebih memperhatikan aspek kesehatan dan kebersihan," kata Muhammad Awaluddin dalam Siaran Pers yang diterima, Sabtu (13/6).
Berikut adalah kebiasaan baru penumpang pesawat di era new normal:
1. Penumpang pesawat dan pengunjung bandara wajib menggunakan masker.
2. Penumpang pesawat sering mencuci atau membersihkan tangan, bandara-bandara Angkasa Pura II menyediakan banyak mesin otomatis hand sanitizer.
3.Penumpang harus menerapkan physical distancing/ jaga jarak di check point tanpa diingatkan.
4. Calon penumpang pesawat harus menjalani PCR test dengan hasil negatif atau rapid-test dengan hasil non reaktif COVID-19.
5. Penumpang membawa dokumen perjalanan sebagai syarat untuk terbang untuk diperiksa di bandara saat keberangkatan.
6. Penumpang tiba di bandara 2-3 jam lebih awal dari jadwal penerbangan.
7. Penumpang lebih memilih layanan touchless untuk menghindari resiko penularan.
1. Penumpang pesawat dan pengunjung bandara wajib menggunakan masker.
2. Penumpang pesawat sering mencuci atau membersihkan tangan, bandara-bandara Angkasa Pura II menyediakan banyak mesin otomatis hand sanitizer.
3.Penumpang harus menerapkan physical distancing/ jaga jarak di check point tanpa diingatkan.
4. Calon penumpang pesawat harus menjalani PCR test dengan hasil negatif atau rapid-test dengan hasil non reaktif COVID-19.
5. Penumpang membawa dokumen perjalanan sebagai syarat untuk terbang untuk diperiksa di bandara saat keberangkatan.
6. Penumpang tiba di bandara 2-3 jam lebih awal dari jadwal penerbangan.
7. Penumpang lebih memilih layanan touchless untuk menghindari resiko penularan.
8. Mengukur suhu tubuh sebelum keberangkatan dan kedatangan.
9. Melakukan self check-in kios menjadi pilihan untuk proses check in calon penumpang.
10. Transaksi secara cashless menjadi pilihan penumpang bandara saat ini.
0 komentar: