Rabu, 29 April 2020

Nilai Hidup yang Bisa Diambil dari Seorang Trader

Nilai Hidup yang Bisa Diambil dari Seorang TraderSebelum kita mencari tau dan mempelajari apa saja Nilai kehidupan yang bisa diambil dari seseorang yang menjadi trader, perlu kita tau dulu perngertian nilai hidup itu apa ? Nilai hidup adalah Kualitas sikap atau perbuatan yang kita anggap ideal yang menjadi sifat atau menjadi kepribadian seseorang. Biasanya Nilai hidup akan menunjukan karkater dan citra diri. Nah pada dasarnya Trader juga seorang manusia yang punya emosi dan punya sifat-sifat seperti orang lain. Didalam trading selain sebuah analisa market, emosi amat sangat berpengaruh dan berperan  didalam mengambil keputusan trading, dan berikut Nilai hidup yang bisa diambil dari seorang trader :
1. SABAR
Waktu kecil saya sering mendapat kutipan bahwa hobi memancing dapat melatih kesabaran, ya mungkin ada benarnya. Sambil menunggu ikan sambil belajar sabar. Tapi taukah bahwa didalam trading kita bukan hanya melatih sabar tapi juga kita HARUS SABAR, jika saya boleh ibaratkan Trader adalah pelaut dan marketnya adalah lautan, tentunya pelaut harus mengerti dan mengenali lautannya seperti apa sebelum dia memutuskan untuk trading. Jika ada badai dilautan atau marketnya sedang Volatile sangat tinggi, pasti pelaut akan sabar menungu lautan mereda dan mencari peluang untuk melaut lagi, dan begitu juga seperti seorang trader.
2.TIDAK SERAKAH
Selain Lautan market itu juga bisa di ibaratkan seperti Restoran all you can eat, ketika kita masuk didalam restoran all you can eat, makanan selalu ada tersedia dan kita bisa makan sampai perut kita kenyang. Begitu juga dengan market, market selalu punya  kesempatan dan peluang untuk trading. Bagian seorang trader hanyalah menyiapkan analisa  dan money management trading yang baik.
3. JUJUR
Kejujuran adalah salah satu hal yang sangat penting bagi trader, pertanyaannya kepada siapa kita harus jujur ? musuh terbesar trader adalah diri sendiri. Pada dasarnya market itu punya sifat jujur artinya jika market itu naik maka dia akan naik, jika dia turun maka dia kan turun, market tidak pernah berbohong, nah disini penting trader harus jujur, didalam analisa pasti kita pernah mengalami salah analisa, tugas trader  adalah jujur pada diri sendiri tentang analisa yang dia buat. Bukan malah membuat second opinion untuk membenarkan analisa sebelumnya. Biasanya kejujuran ini kita gunakan untuk strategi trading "Stop and reverse". 
Sekian nilai hidup yang bisa diambil dari menjadi seorang trader, Semoga bermanfaat. 
Previous Post
Next Post

0 komentar: