Jumat, 24 April 2020

Manfaat Menabung, Salah Satunya Mengurangi Stres

Tak sedikit orang yang sulit menabung. Padahal, ada begitu banyak manfaat menabung yang bisa didapat.
“Menabung dapat memberikan ketenangan pikiran, yang memiliki efek pada perilaku Anda,” kata Melanie Lockert, penulis Dear Debt dan salah satu pendiri Lola Retreat, retret keuangan pribadi untuk perempuan, seperti dilansir dari laman Varomoney.
"Ketika Anda menghemat uang, Anda mengubah perilaku Anda sehingga Anda melindungi masa kini sekaligus masa depan Anda," kata Lockert.
"Uang itu bisa berupa keamanan, pintu menuju peluang, atau jalan keluar dari situasi buruk," tambahnya lagi.

Nah, jika Anda saat ini masih belum bisa memulai untuk menabung, inilah beberapa manfaat menabung yang perlu Anda ketahui, yang ternyata sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan emosional Anda.
1. Mengurangi stres
Stres finansial menghabiskan banyak waktu. Setiap perjalanan keluar rumah akan memberi ingatan pada kondisi finansial Anda yang buruk. Selain menimbulkan ketidaknyamanan sehari-hari, stres finansial juga memberi konsekuensi serius, termasuk depresi, perceraian, dan bunuh diri.
Sebuah survei Varomoney baru-baru ini menunjukkan betapa stres keuangan ternyata sangat lazim bagi orang di usia 20-an dan 30-an. Lebih dari separuh peserta survei mengatakan mereka merasakan stres finansial setiap hari. Dari mereka yang mengalami stres finansial secara reguler, 34% kehilangan satu jam atau lebih dari waktu tidur setiap malamnya.
Cobalah mulai dengan melacak pendapatan dan pengeluaran Anda. Dari informasi ini, Anda kemudian dapat menyesuaikan pengeluaran Anda dengan pemasukan sekaligus mengendalikan uang Anda.
2. Menyediakan dana cadangan

Tabungan Anda berfungsi sebagai dana cadangan atau dana darurat). Dengan memiliki dana cadangan, suatu waktu Anda mengalami kondisi darurat keuangan, Anda tidak akan merasa stres dan terbebani.
3. Kebebasan untuk mengambil risiko
Lockert menunjukkan manfaat lain dari menabung, yaitu memungkinkan Anda memikirkan situasi sulit dan mengambil risiko saat Anda inginkan.
"Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk membuat keputusan dengan hati-hati dan memiliki kesempatan untuk memiliki lebih banyak pilihan, karena Anda memiliki uang tunai yang disisihkan untuk digunakan kembali jika Anda membutuhkannya," katanya.
Jika Anda kehilangan pekerjaan, Anda akan memiliki uang untuk membayar tagihan yang mungkin dapat memakan waktu beberapa minggu atau bulan untuk menemukan pekerjaan baru dan menegosiasikan pembayaran Anda. Kalau tidak, Anda mungkin merasakan tekanan besar untuk menerima tawaran pertama yang Anda terima, bahkan jika Anda tahu Anda bisa melakukan lebih baik jika terus mencari.
Atau, bagaimana jika Anda ingin berhenti dari pekerjaan Anda, berkeliling dunia, atau tinggal di rumah bersama seorang anak? Menabung bisa menjadi kuncinya.
4. Hubungan yang baik dengan pasangan
Banyak pasangan yang tidak terbuka dengan kondisi finansial, dan membiarkan kondisi finansial ini tidak pernah dibicarakan.
Tania Brown, seorang Certified Financial Planner di Lawrenceville, mengatakan bagaimana menabung membantunya dan suaminya membalikkan keadaan. “Menyimpan uang menyatukan diri saya dan suami saya dengan tujuan bersama, memaksa kami berdua untuk berkorban. Kami mengalami masa-masa sulit, dan itu memaksa kami untuk berkomunikasi dan bekerja sebagai sebuah tim,” katanya.
Mereka memiliki utang lebih dari $ 100.000 atau sekitar Rp 150 juta sebelum keduanya datang ke perencana keuangan. Brown mengatakan bahwa pihak ketiga kemudian membantu membuat rencana dan bertindak sebagai mitra yang membantu mereka tetap fokus. “Kami fokus pada tujuan jangka panjang kami, yang membantu kami tetap disiplin, ”katanya.
Kini, mereka hampir memiliki dana cadangan untuk satu tahun ke depan, dan terus bekerja bersama untuk mencapai tujuan mereka.
5. Kesempatan untuk melatih kontrol diri
"Berfokus pada tujuan jangka panjang membuat perubahan kecil," kata Brown. Bekerja untuk membayar utang dan menabung adalah praktik terus-menerus dalam memilih kebutuhan daripada keinginan, dan merupakan latihan pengendalian diri. Semakin banyak Anda berlatih dan mengatasinya, semakin kuat kendali diri Anda seiring waktu.
Previous Post
Next Post

0 komentar: